Sunday, August 30, 2020

A Very Random Realization

A very quick and emotional burst saat gue lagi ambil online course bertema Social Entrepreneur (judul resmi: Enabling Entrepreneurs to Shape a Better World) di edX (link). Gue tiba-tiba merasa hidup menyenangkan, semua positif dan I can actually understand 100% materinya.

Gue ga perlu maksa diri gue buat konsentrasi, karena tanpa sadar gue beneran tertarik dengan materinya. Tema ini sudah sempat gue tinggalkan, saat gue menang kompetisi Social Value Research dibulan November 2019. So, 9 bulan tanpa social economy dan gue pikir gue sudah jauh lebih realistis bahwa untuk 5 tahun kedepan, rasanya tidak perlu terlalu invested dipassion ini, karena memang tidak ada kesempatan

Then Muhammad Yunus showed up disalah satu videonya. A Nobel winner, tapi lebih dari itu, beliau icon social entrepreneurship. Beliau legenda didunia microfinance, sesuatu yang selalu ingin gue lakukan. My eyes got teary. This is who I want to become in the long term. Dedicating myself for my community, the under represented and the financial illiterate, is my biggest dream. 

Yet I put it on hold, because I try to be realistic - at least in my own sense. I gotta start somewhere else, gain the knowledge, then baru gue punya value yang bisa gue bawa untuk komunitas yang ingingue wakili. Tapi knowledge seperti apa yang gue cari? Dimana dapatnya? Perasaan ini memaksa gue buat mikir, kenapa gue akhir-akhir ini impulsif ambil berbagai jenis ujian? Kenapa gue sibuk belajar hal-hal yang gue pikir gue minat, tapi ternyata ga natural buat gue?

I really think that my calling is in Social Entrepreneurship. Bukan sekarang, mungkin. Tapi lifetime calling. I do believe apa yang gue pelajari sekarang (Korean, Mandarin, Marketing, Quantitative Finance) akan sangat berguna meski ga seenjoyable saat mendengarkan lectures soal social economy, social value, social entrepreneurship. I believe these would take me somewhere, too. But what I realized tonight, mungkin gue ga perlu meninggalkan dunia dan tema yang benar-benar gue cintai - gue bisa usaha untuk keep up dengan semua, what I love and what I need, dalam waktu bersamaan.

No comments:

Post a Comment